Jumat, 26 Mei 2017

Book Review: Girls in the Dark

Judul: Girls in the Dark (Kyukyoku no Seisai)
Penulis: Akiyoshi Rikako
Penerbit: @penerbitharu
Tahun terbit: November 2016 (Cet. Ke-9)
Jumlah halaman: 289 hlm.

Review:

Kematian ketua Klub Sastra, Shiraishi Itsumi, mengejutkan seluruh siswi SMA Putri Santa Maria. Untuk mengenangnya, setiap anggota Klub Sastra diminta menulis naskah mengenai kematian sang diva sekolah berdasarkan sudut pandang masing-masing.

Pembacaan naskah dilakukan di suatu malam dengan hanya mengandalkan sebuah lilin. Sumikawa Sayuri, sahabat Itsumi sejak kecil, memimpin pertemuan  tersebut sebagai Ketua Klub yang baru. Menariknya, tiap naskah yang ditulis oleh setiap anggota memberikan kesimpulan yang berbeda-beda. Nitani Mirei, siswi kelas 1-A menduga bahwa Koga Sonoko yang telah membunuh Itsumi. Sementara Kominami Akane, murid kelas 2-B, menuduh Mirei sebagai pembunuhnya. Diana Detcheva, murid internasional dari Bulgaria, menunjuk Takaoka Shiyo.  Koga Sonoko dari kelas 3-B mengira itu adalah perbuatan Diana. Sebagai anggota terakhir yang membaca naskah, Takaoka Shiyo dari kelas 2-C yakin bahwa Akane yang telah melakukannya. Siapakah pelaku sebenarnya? Apa motif di baliknya? Apa yang sebenarnya terjadi di Klub Sastra? Semuanya akan terungkap dalam naskah yang dibacakan oleh Shiyori.

Tiap bab yang diulas berdasarkan naskah masing-masing anggota membuat buku ini menjadi unik. Gaya bercerita tiap naskah berbeda-beda sehingga membuat buku ini seolah ditulis oleh beberapa orang. Setiap bab ditutup oleh komentar Ketua Klub sebagai moderator kegiatan malam itu. Tidak adanya dialog yang diperlihatkan saat malam pembacaan naskah menjadikan ucapan Shiyori sebagai satu-satunya sumber imajinasi bagi para pembaca mengenai interaksi yang terjadi pada saat itu. Meski begitu, penyajiannya sudah sangat pas untuk pembaca.

Meski sudah menduga sosok pelaku sejak awal, tetapi latar belakang peristiwanya tidak mudah saya tebak, terlebih lagi ada plot twist yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

#MaggieChen2ndAnniv #30harimembaca #libraryu #bookreview #resensibuku #girlsinthedark #rikakoakiyoshi #bookaddict #bibliophile

Tidak ada komentar:

Posting Komentar