Minggu, 21 Mei 2017

Berani Bilang 'Tidak'

Salah satu hal yang paling sulit bagiku adalah berkata 'Tidak'. Saya selalu menganggap penolakan akan menyebabkan orang lain kecewa, sedangkan harapan saya adalah mampu menyenangkan hati semua orang.

Tetapi ketika semua permintaan diiyakan, saya malah kewalahan. Urusan pribadi dikesampingkan demi mendahulukan permintaaan mereka. Padahal,  beberapa orang di antaranya hanya datang ketika susah. Setelah selesai, mereka meninggalkan saya sendirian.

Saya lalu berpikir, jika ini terus berlanjut maka saya akan merugikan diri sendiri. Apalah artinya membantu jika diri ini terbebani? Hati kotor dipenuhi uneg-uneg, pahala pergi karena hati tidak lagi ikhlas, serta urusan terbengkalai dan seringkali berakhir dengan penyesalan. Tidak ada untungnya sama sekali.

Sejak saat itu, saya menyadari bahwa mustahil kita bisa membahagiakan semua orang. Setiap orang punya keterbatasan, terutama diri saya sendiri. Jadi saya memutuskan untuk mempertimbangkan baik-baik sebelum mengiyakan permintaan seseorang. Saya harus berani menolak jika memang tidak sanggup memenuhinya. Dan, tentu saja, saya akan menerima dengan senang hati jika saya mampu.

Makassar, 21 Mei 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar